Sehari di luar kelas

Konvensi hak anak dan UU tentang perlindungan anak mengamanatkan negara untuk dapat memenuhi menjamin dan melindungi hak anak serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat bakat dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran saling menghormati dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian.

Berdasarkan hal tersebut, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengintruksikan kepada seluruh satuan pendidikan di Indonesia mulai jenjang terendah sampai jenjang tertinggi untuk ikut dalam kampanye kegiatan sehari di luar kelas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis 7 November 2019 pukul 07.00 – 10.00 (waktu setempat). Mendapatkan informasi tersebut, SMA Islam Nusantara langsung menindaklanjuti intruksi tersebut.

Dalam jam pelajaran yang telah ditentukan, siswa Kelas 10 dan 11 ikut berpartisipasi dalam kampanye kegiatan di luar kelas. ada berbagai macama kegiatan yang mereka laksanakan, diantaranya adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, cuci tangan setelah makan, membersihkan lingkungan, membaca buku diluar kelas, melakukan permainan tradisional “Engklek”, dan tepuk hak anak dan melakukan yel-yel sekolah ramah anak.

Yel-yel sekolah ramah anak